Install Ubuntu Di Flashdisk Melalui Windows

Tutorial cara install Linux Ubuntu di Flashdisk melalui Windows
Install Ubuntu di FD
Tutorial berikut ini akan memandu kita bagaimana meng-install Ubuntu ke Flash Drive (Flashdisk) melalui Windows. Dengan di-install ke Flashdisk, Ubuntu dapat langsung di boot dan dijalankan dari Flashdisk sama seperti jika ter-install pada Harddisk. Yang perlu diingat adalah proses instalasi ini memanfaatkan file casper-rw loopback image untuk menyimpan dan me-restore perubahan pada subsequent boots secara terus menerus. Sebelum memulai proses instalasi, kita perlu menyiapkan hal-hal berikut ini:
Setelah semuanya siap, ikuti langkah berikut:
  1. Jalankan Universal USB Installer di komputer PC/Laptop
  2. Browse file Ubuntu ISO, pastikan penamaan file sesuai yang diinginkan software (mis. ubuntu-9.10-desktop-i386.iso).
  3. Pilih USB Flashdisk dan centang “We will format …… as fat32″.
  4. Pilih kapasitas Flashdisk untuk menyimpan settingan, kustomisasi dan data pada Ubuntu. Jika tidak ditentukan maka Ubuntu yang ter-install tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan settingan/kustomisasi dan data.
  5. Klik Install.
Cara install Linux Ubuntu di Flashdisk melalui Windows
Cara install Linux Ubuntu di Flashdisk melalui Windows
Jika semuanya berjalan lancar hingga selesai maka Flashdisk telah ter-install Ubuntu dan siap di-boot oleh komputer PC/Laptop.
Cara install Linux Ubuntu di Flashdisk melalui Windows
Restart komputer PC/Laptop lalu tekan F2 untuk masuk ke halaman setting BIOS. Ubah settingan BIOS agar booting awal dengan USB device lalu restart kembali komputer PC/Laptop dengan Flashdisk (yang sudah terinstall Linux Ubuntu) tertancap di port USB. Ubuntu akan dapat dijalankan langsung dari Flashdisk. Yang perlu dicatat adalah Ubuntu yang ter-install tidak seperti Ubuntu Live CD, karena memiliki kemampuan untuk menyimpan settingan/kustomisasi maupun data (dengan bantuan file casper-rw loopback image) sama halnya seperti jika ter-install pada harddisk.
Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar